09/10/11

HF Tim di Jepang - Bantu Korban Tsunami

Gempa berkekuatan 8,9 terjadi di lepas pantai timur laut Jepang pada 14:46 waktu setempat pada Jumat 11 Maret 2011. Hal ini memicu gelombang tsunami yang melanda pantai timur Jepang. Kematian total resmi sekarang 11.500 orang dan setidaknya 17.000 terdaftar sebagai hilang diperkirakan meninggal. Kematian-total diperkirakan meningkat jauh, dan Pemerintah Jepang telah ratusan personil trawl pantai untuk menemukan mayat yang tersisa.

250.000 orang masih mengungsi. Orang-orang ditampung di pusat-pusat evakuasi 2.400.
Sebuah tim HF di Jepang dari Nagoya diberi tanggung jawab untuk pusat evakuasi SMP Iwagiri Tinggi di Sendai dari mana mereka membagikan air, makanan panas dan selimut untuk 560-650 orang pengungsi setiap hari, dibantu oleh 40 relawan lokal. 

Sebuah tim terpisah telah menyediakan makanan untuk keluarga di Ichikawa dekat Tokyo. Sejak itu, tim juga menilai kota Ishinomaki dari mana mereka melaporkan: "Hanya beberapa bangunan tetap berdiri, rumah-benar dihapuskan Tentara masih membersihkan mayat ada tim kami menunjukkan bahwa kematian-tol mungkin.. gelombang menjadi puluhan ribu Ada bahaya dari penyakit pelarian di sini.. "

Sejauh ini, HF telah memberikan lebih dari 7.000 makanan panas. Tim sekarang menjalankan Minato Shogako evakuasi pusat di Ishinomaki dengan dukungan dari Angkatan Darat Jepang dan pemerintah setempat. 

Selain dari makanan dan air, tim juga menyediakan pasokan sanitasi untuk para pengungsi sebagian besar manula. Tim HF berencana untuk memberikan dukungan untuk 4 bulan ke depan.
Kemajuan tim adalah sebagai berikut:
Fri 12 Mar - Tim dikerahkan dari Nagoya untuk melakukan penilaian
Sun 13 Mar - Tim berhenti semalam di Koriyama (Fukushima) dengan 3 truk persediaan
Fri 14 Mar - Tim tiba di Sendai dan set tenda untuk melayani makanan dan air untuk 1.000. Tim cadangan sedang dalam perjalanan dengan ransum lebih lanjut. Juga melayani makanan untuk keluarga di Ichikawa (Chiba pref.)
Thu 16 Mar - HF tanggung jawab yang diberikan untuk pusat evakuasi Iwai sekolah tinggi di Sendai.
 Fri 18 Mar - kemurahan hati seorang tukang jagal lokal yang menyumbangkan 50kg daging sapi segar memungkinkan kami untuk melayani kari daging sapi!
Fri 19 Mar - Tim menilai kota utara Ishinomaki lebih lanjut.
Fri 24 Mar - Tim kembali ke Sendai dengan persediaan segar
Sat 26 Mar - Tim didirikan di Ishinomaki
Akan ada update lebih lanjut sebagai situasi menjadi jelas.
Silakan donasi untuk 'Dana Bantuan Bencana' kita. (http://uk.humanityfirst.org/index.php?option=com_content&task=view&id=225)


Sementara Program HF di Indonesia yang tergolong unik adalah, saat terjadi Tsunami di Pangandaran Jawabarat 2006.  Sejumlah Penduduk yang selama puluhan tahun rumahnya berada di tepian pantai, usai Tsunami beramai-ramai memindahkan Rumahnya ke daerah perBukitan diselatan Ciamis Jawabarat. 

Para Relawan HF, yang sebenarnya fokus membuka Dapur Umum , untuk memberikan makanan gratis bagi para korban Tsunami, harus ikut pula bergotong-royong memindahkan rumah Penduduk, dari Pantai ke perbukitan, yang jaraknya sekitar seribu meter dari tepi laut. (kk/tt/ma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar